Rabu, 14 Desember 2011

protokol pada komputer

Protokol (pada komputer) adalah standart aturan yang mengatur bagaimana komputer dapat berkomunikasi dan melakukan pertakuraan data antar komputer.Protokol juga bisa menggambarkan atau mendefinisikan apa yang di komunikasikan dan juga kapan terjadinya komunikasi tersebut.
Protokol tidak hanya diterapkan pada sisi hardware, protokol juga diterapkan pada sisi software maupun kombinasi antara keduanya. Protokol sangat diutamakan untuk standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras sehingga dapat berkomunikasi.

Beberapa contoh Protokol yang ada apa Komputer yang sering digunakan:
1. NetBEUI
NetBIOS Extended User Interface, adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan IBM dan Microsoft pada tahun 1985 yang digunakan untuk jaringan lokal (LAN).
NetBEUI merupakan protokol utama yang digunakan dalam LAN Manager dan Windows for Workgroups. Protokol ini juga cukup gegas dan efisien. Protokol ini mendukung komunikasi dengan cara connection-oriented seperti halnya melakukan pemetaan drive di jaringan.
2. TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol, adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam berkomunikasi dari satu komputer ke komputer lain. Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar